Login

POLITEKNIK ATMI

Competentia . Conscientia . Compassio

Pedagogi Pendidikan untuk anak muda zaman now

Pedagogi Pendidikan untuk anak muda zaman now

Sebuah karya besar tidak lahir begitu saja. Ada spirit yang dihidupi dan menjadi roh yang menggerakkan sehingga lahirlah karya besar itu. ATMI Surakarta adalah karya monumental anak bangsa, meskipun tesembunyi dari kalayak namun memiliki andil besar dalam pembangunan Indonesia, khususnya dalam mengawal perkembangan industri di Indonesia. Ada semangat magis yang senantiasa menghidupi gerak para pemimpin dan dosen/instruktur di kampus ini sehingga mereka bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter.

Ada lima pilar nilai yang menjadi soko guru kampus ini: yakni disiplin, jujur, tanggung jawab, kerja keras dan inovatif. Lima pilar nilai ini yang harus menjadi karakter dasar mahasiswa ATMI. Ini bukan hanya sebuah slogan yang menggaung indah di ruang pikir mahasiswa, tetapi harus dibadankan dan menjadi karakter dasar mahasiswa sehingga seluruh aspek kehidupannya mengacu pada lima nilai dasar ini.

Bagaimana nilai-nilai ini menjadi keutamaan unggul yang terbadankan dalam diri seluruh mahasiswa ATMI? Mahasiswa harus berjuang keras untuk menggapainya dan dibutuhkan kerja keras yang efektif bagi para tenaga pendidik. Untuk mentransformasi mahasiswa supaya bisa memeluk dan menghidupi kelima nilai dasar itu dibutuhkan sebuah pendekatan pedagogis yang harus diterima dan disukai oleh mahasiswa. Berkat usahanya yang pantang menyerah melalui laku hidup seharai-hari di kuliah praktik bengkel maupun kuliah teori dan berkat bantuan penuh kasih sayang dari para instruktur, ternyata menjadikan mahasiswa mampu memformat dirinya menjadi manusia unggul. Ketika lulus mereka memiliki karakter yang bersumber dari kelima nilai dasar tersebut.