Tentang Politeknik ATMI Surakarta

T. Agus Sriyono, SJ, M.A, M.Hum


Direktur POLITEKNIK ATMI SURAKARTA

Sambutan Direktur

Selamat datang di website Politeknik ATMI Surakarta.

 

Terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membuka website Politeknik ATMI Surakarta.

 

Politeknik ATMI Surakarta adalah institusi pendidikan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi (kejuruan). Semenjak tahun 1968 ATMI yang menjadi bagian dari Kolese Mikael dan dikelola oleh Serikat Jesus Provinsi Indonesia, telah menghasilkan banyak alumni yang menduduki jabatan penting dalam dunia industri dan yang memiliki industri sendiri. Para alumni Politeknik ATMI-Kolese Mikael tidak hanya diakui kehebatannya dalam keterampilan teknis mereka, tetapi juga disegani karena sikap, moralitas, dan integritas dalam cara bertindak mereka sehari-hari.

Sistem pendidikan kejuruan yang baik di Polilteknik ATMI Surakarta telah lama diakui oleh pemerintah, dunia industri, maupun masyarakat luas.

Website Politeknik ATMI Surakarta yang Anda kunjungi ini dibuat terutama sebagai sarana komunikasi Politeknik ATMI Surakarta dengan para pelanggan dan komunikasi antar warga Politeknik ATMI Surakarta. Ada tiga hal yang bisa Anda dapatkan melalui website ini :

  • Pertama: pengenalan tentang Politeknik ATMI Surakarta sebagai sebuah perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi;
  • Kedua: tentang Politeknik ATMI Surakarta sebagai sebuah industri yang menghasilkan berbagai macam barang dan jasa;
  • Dan ketiga: tentang kegiatan mahasiswa/mahasiswi Politeknik ATMI Surakarta.

Di samping tiga hal utama tersebut, Anda masih dapat memperoleh informasi tentang proyek yang dijalankan Politeknik ATMI Surakarta, tentang Serikat Jesus sebagai pemilik Politeknik ATMI Surakarta, menyaksikan video Politeknik ATMI, dan men-download berbagai macam brosur, dsb. Dengan memberikan informasi kepada Anda semua, kami mengharapkan Anda yang ingin mengenal Politeknik ATMI Surakarta akan memperoleh informasi yang cukup.

 

Kami akan terus berusaha untuk membuat website ini up-to-date sehingga Anda, para pembaca, mendapatkan data yang akurat tentang Politeknik ATMI Surakarta, dan segenap anggota civitas academica Politeknik ATMI dapat mengakses data.

 

 

T. Agus Sriyono, SJ, M.A, M.Hum

Visi dan Misi



Visi

Visi dasar Politeknik ATMI Surakarta adalah membangun masyarakat industri yang adil dan makmur, hormat akan martabat manusia dan bertanggungjawab atas keseimbangan lingkungan hidup melalui pendidikan.

Misi

Misi Politeknik ATMI Surakarta adalah mendidik kaum muda menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknik dan tanggung jawab moral – sosial yang dirumuskan dalam 4C : competentia, conscientia, compassio, dan commitment.

 

Competentia (keunggulan yang tercermin dalam sikap disiplin tinggi, ketelitian dan konsistensi pada kualitas),

 

Conscientia (tanggung jawab moral),

 

Compassio (cinta kasih dan kepedulian),

 

Commitment (kesungguhan dan konsistensi).

Lambang Politeknik ATMI Surakarta



Politeknik ATMI Surakarta memiliki lambang dan bendera sebagai semangat dasar dalam mewujudkan visi dan misi. Lambang Politeknik ATMI Surakarta terdiri dari :

  • Seuntai padi di sebelah kiri, seuntai kapas di sebelah kanan
  • Sebuah buku dengan gambar tiga roda dan tangan kanan memegang sebuah jangka sorong
  • Setengah roda gigi dan setengah bola dunia sehingga membentuk sebuah lingkaran
  • Tulisan ATMI dan angka 1968

Lambang itu memiliki arti sebagai berikut:

  • Lambang Politeknik ATMI Surakarta yang terbuka, tanpa border lingkaran yang menutupi mengartikan keterbukaan Politeknik ATMI pada kemajuan, perkembangan ke yang lebih baik, dan keterbukaan untuk bersama-sama membangun dunia.
  • Roda gigi dengan jumlah gigi yang ditampilkan 6 buah gigi sebagai perlambang 6K; Kenyamanan Kerja, Keutuhan (integritas) Moral, Kerjasama (komunitas), Keadilan, Keluwesan dan Keunggulan.
  • Bola dunia yang lebih dinamis sebagai perlambang perkembangan dan pergerakan ke arah yang lebih baik/ tidak diam (statis) di tempat.
  • Setengah bola dunia dan setengah roda gigi, sebagai perlambang: Politeknik ATMI Surakarta turut serta bersama-sama sebagai penggerak (roda gigi) dalam perkembangan, pergerakan dan kemajuan dunia (bola dunia). Selain sebagai penggerak dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, juga sebagai penggerak dalam kepedulian lingkungan dan kecintaan terhadap alam.
  • Tangan kanan memegang jangka sorong/ caliper, yang berfungsi sebagai alat ukur, adalah lambang kerja yang presisi. Buku adalah lambang pendidikan, sumber ilmu dan teknologi.
  • Buku yang dirangkai bersama tangan dan jangka sorong mempunyai makna bahwa pendidikan di Politeknik ATMI Surakarta terdiri dari teori dan praktek. Dapat juga berarti perpaduan edukasi dan produksi, Production Based Education Training (PBET).
  • 3C sebagai inti visi dan misi Politeknik ATMI ditampilkan dalam bentuk tiga roda di dalam buku sebagai perlambang 3C.
  • 29 bulir padi dan 9 bunga kapas menandakan hari Santo Mikael sebagai pelindung Politeknik ATMI, 29 September. Padi dan Kapas sebagai perlambang kemakmuran; cukup pangan dan cukup sandang. Warna hijau menjadi penguat bahwa Politeknik ATMI selalu akan berperan dalam semangat kepedulian lingkungan.
  • 1968 sebagai pengingat akan sejarah berdirinya Politeknik ATMI Surakarta dan sebagai penguat langkah ATMI selanjutnya, bahwa apa yang telah dibangun selama ini tidaklah hal yang sia-sia.

Keseluruhan lambang ATMI mengandung pengertian bahwa : ATMI Surakarta bercita-cita mendidik tenaga teknik yang dapat memajukan dunia, yang pada akhirnya mampu membawa/ mewujudkan kesejahteraan dunia melalui pendidikan yang intensif baik teori maupun praktek.

Bndera Politeknik ATMI Surakarta berwarna biru keabu-abuan dengan lambang Politeknik ATMI Surakarta di tengahnya dengan warna putih, hijau dan biru.

Mars ATMI

Lagu oleh: A.M. Bambang Christanto dan Nurlita


Derap langkah maju kami putra Indonesia

Penuh cita-cita, semangat jiwa muda

Satu kami tuju pribadi yang mulia

Terampil dan berguna ‘tuk Nusa – Bangsa

ATMI penunjang citaku, bekal masa depanku

Politeknik ATMI Surakarta, terlukis namamu di kalbu

ATMI prasarana pembangunan Indonesia

Baktiku pertiwi jaya s’lamanya

Struktur Organisasi