ATMI CUP 2020



FIGHT YOUR FEAR

Politeknik ATMI Surakarta, sebagai politeknik terbaik di Indonesia, merupakan kampus yang tidak pernah sepi dari aktivitas yang mengembangkan kemampuan anak-anak muda di bidang olah raga, seni dan ilmu pengetahuan. Setiap Tahun Politeknik ATMI Surakarta mengadakan kegiatan untuk orang muda di wilayah Surakarta dan sekitarnya, wilayah Semarang dan sekitarnya serta darai Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut berupa ATMIFest dan ATMICUP, secara bergantian. Jika tahun 2019 kegiatannya ATMIFest, maka tahun 2020 kegiatan untuk orang muda tersebut ATMICUP. Acara ATMICUP 2020 diadakan dari tanggal 24 Januari 2020 dan puncak kegiatan pada sari Sabtu, 1 Februari 2020.

ATMICUP adalah ajang untuk melatih sportivitas bagi anak-anak muda di bidang olah raga, Seni dan Ilmu Pengetahuan. ATMICUP 2020 mengambil tema cukup gahar: Fight Your Fear. Dengan tema ini anak-anak muda ditantang untuk berani memerangi rasa takut yang ada dalam dirinya. Mereka perlu keluar dari zona nyaman, bersikap pro aktif mengembangkan diri dan memerangi rasa takut dalam dirinya.

 

ATMICUP 2020 mendapat respon yang cukup bagus dari pelajar SMA/SMK di wilayah eks Karisedan Surakarta, Semarang dan sekitarnya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dan perwakilan dari provinsi Jawa Timur, yang diwakili oleh SMK Migas Cepu.  Ada 9 cabang yang dipertandingkan dalam kegiatan ATMICUP 2020: Basket Putra Putri, Futsal, Dance, Musik (Lomba Band), Matematika, Metrologi, CADD, E-Sport dan Robotika.

 

Acara ATMICUP 2020 dibuka secara resmi oleh Romo T. Agus Sriyono SJ, Direktur Politeknik ATMI Surakarta pada hari Jumat, 24 Januari 2020. Dalam sambutannya saat upacara pembukaan, Rm Agus Sriyono  menyampaikan bahwa ATMICUP merupakan bentuk kegiatan olah raga yang sportif dan edukatif, sebagai sarana menguji kemampuan di bidang sains dan teknologi dan sebagai sarana untuk mengenalkan ATMI pada anak-anak muda. Direktur Politeknik ATMI Surakarta sangat mengapresiasi kegiatan ATMICUP ini. Dan sebagai wujud penghargaan kepada para peserta, semua pemenang atau juara dari cabang yang dipertandingkan dalam kegiatan ATMICUP mendapatkan apresiasi yang terkait dengan proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ATMI jalur prestasi dan reguler.

Fasilitas PMB Bagi Pemenang ATMI Cup 2020

Guna mengapresiasi para pemenang ATMI Cup 2020, Politeknik ATMI Surakarta dengan ini memberikan fasilitas istimewa untuk para pemenang yang berminat untuk mendaftar sebagai mahasiswa Poltek ATMI untuk tahun akademik 2020-2021, yaitu:

  1. Pemenang Lomba ATMI Cup 2020 juara 1, 2, 3 untuk seluruh cabang: BEBAS BIAYA PENDAFTARAN.Fasilitas ini berlaku untuk peserta yang akan lulus tahun akademik 2019-2020.
  2. Pemenang lomba ATMI Cup 2020 juara 1, 2 dan 3 untuk bidang Matematika, Metrologi, AutoCad, Robotika BEBAS TES AKADEMIS. Fasilitas ini berlaku untuk peserta yang akan lulus tahun akademik 2019-2020.

Prosedur:

  1. Para pemenang yang tertarik untuk mendaftar ke Poltek ATMI Surakarta wajib memberi info ke panitya ATMI Cup 2020: nama lengkap, no HP, alamat email, asal sekolah, pertandingan yang diikuti, tanda bukti juara.
  2. Selanjutnya panitya ATMI Cup 2020 diminta menginformasikan hal ini ke panitya SPMB Poltek ATMI Surakarta.
  3. Selanjutnya panitya SPMB akan menindaklanjutinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

List Jumlah Peserta LOMBA:

  1. Basket : 20 tim terdiri dari 12 group Basket pria dan 8 group Basket Wanita.

  2. Futsal : 21 tim (khusus pria)

  3. Band : 10 group

  4. Dance : 10 group

  5. E-Sport : 20 tim

  6. Robotika : 17 tim

  7. CADD : 19 orang. Juara 1 SMK  Mikael Surakarta, Juara 2 SMK 2 Jogja, Juara 3 SMK MIGAS Cepu

  8. Matematika : 16 group

  9. Metrologi : 5 orang

 

Ada empat peserta lomba E-Sport yang mengundurkan diri karena alasan teknis, dimana ada anggota group yang sakit sehingga tidak bisa mengikuti pertandingan. Selain lomba-lomba ada kegiatan sosial Donor Darah, yang diikuti oleh dosen, instruktur, karyawan dan mahasiswa Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan donor darah dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian anggota kolese pada permasalahan kesehatan, dimana saat ini PMI memang membutuhkan sumbangan darah bagi bank darah PMI. Kolese Mikael secara rutin setiap tahunnya pada moment moment tertentu selalu mengadakan kegiatan donor darah.

Peserta Lomba Matematika

Ada 16 peserta lomba Matematika, perwakilan dari SMK KATOLIK SANTO MIKAEL, SMAS IT NUR HIDAYAH, SMA PL SANTO YOSEF, SMA BATIK 2 SURAKARTA, SMA NEGERI 3 SURAKARTA,  SMA NEGERI 1 SURAKARTA, SMA NEGERI 1 KARANGANYAR, SMA NEGERI 6 SURAKARTA, SMA INSAN CENDEKIA, SMA WIDYA WACANA, SMA 1 SUKOHARJO. Masuk dalam penyisihan pertama perwakilan dari SMAN 6 SURAKARTA dengan  skor 177, dari SMAN 1 SUKOHARJO dengan skor 135 dan dari SMAN 1 SURAKARTA dengan skor 127. Pada penyisihan kedua terjadi perubahan skor: SMAN 1 SUKOHARJO skor 142, SMAN 6 SURAKARTA skor 132 dan SMAN 1 SURAKARTA skor 121. Sedangkan pada bagian final skor mengalami perubahan sebagai berikut: SMAN 6 SURAKARTA skor 170, SMAN 1 SUKOHARJO skor 60 dan juara ketiga SMAN 1 SURAKARTA dengan skor 50.

PESERTA LOMBA METROLOGI dan juaranya:

  1. Yohanes Yohan T (SMK MIKAEL SURAKARTA) Juara 1
  2. Latif Chandra (SMKN 3 JOGJA) Juara 2
  3. Claudio F.C (SMK MIKAEL SURAKARTA)
  4. Rudi Mustakim (SMK SAKTI GEMOLONG)
  5. Aries Ananda (SMKN 3 JOGJA)

Puncak Kegiatan ATMICUP 2020 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020, dengan menampilkan final Dance dan Band. Proses seleksi Lomba Band  kompetisinya melalui media Instagram, namun final lomba band akan dipertandingkan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020. Kegiatan Puncak acara selain mempertandingkan dance dan band adalah pembagian hadiah pemenang lomba serta pentas seni.

 

Dalam acara penutupan ATMICUP 2020 panitia mengundang tiga group band. Dua group band pembuka adalah Band CD Teles, sebuah group Band dari SMK Mikael Surakarta, dan Band Angon Mongso,  sebuah band bergenre congdut yang personelnya adalah mahasiswa ATMI angkatan 51. Angon Mongso merupakan regenerasi dari group ban Manunggal Jaya, Ajar Nglaras dan Andap Asor. Puncak dari penutupan ATMICUP 2020 adalah penampilang dari band yang bergenre congdut asal dari Ngawi, Deni Caknan. Sampai saat ini sudah 1.300 tiket yang laku terjual.  Cak Nan (Deni Caknan-Ngawi), adalah penyanyi yang populer dengan lagu Kertonyono Medot Janji. Sesuai kesepakatan Deni Cak Nan akan menyanyikan sekitar 8-9 lagu, yang merupakan lagu ciptaan dia sendiri. Open Gate pk 15.00.


31 Jan 2020 | by Yohanes Budi Prasojo