LEADERSHIP III



STUDI ANALISIS SOSIAL

Salah satu kehebatan Politeknik ATMI Surakarta adalah mengembangkan pendididkan holistik, dimana setiap mahasiswa tidak hanya mengembangkan kemampuan teknik, tetapi juga mengembangkan dimensi kehidupan lainnya. Setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri seluas-luasnya, mengikuti banyak pelatihan non teknis yang memperkaya khasanah kepribadian mahasiswa yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupannya. Antara yang hardskills berjalan beriringan dengan yang softskills. Yang softskills memperkaya yang hardskills,  dimana kemampuan teknik yang dimiliki mahasiswa dilengkapi dengan kemampuan memimpin diri sendiri, memimpin orang lain, memiliki integritas dan kepedulian kepada sesama.

  

Pelatihan-pelatihan itu dikemas dalam berbagai  kegiatan sesuai tahapan perkembangan mahasiswa. Pengolahan diri dasar diletakkan pada tingkat I lewat kegiatan PPS, Leadership 1 dan Retret atau Gladi Rohani. Fokus utama kegiatan tingkat I adalah membangun kemandirian pribadi, mengokohkan visi misi hidup dan memiliki kemampuan memimpin diri sendiri. Hal ini sejalan dengan fase perkembangan teknik mereka (work basic)

  

Fokus utama kegiatana tingkat II adalah membangun sikap empati, kemenangan bersama dan sinergis, dimana dalam diri mahasiswa dikembangkan sikap kesalingtergantungan satu sama lain atau interdependensi. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah Leadership II atau Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah. Hal ini sejalan dengan fase perkembangan teknik mereka (work applied)

 

  

Sedangkan pada tingkat III, ketika mahasiswa dikembangkan ke arah advance dan inovatif, sesuai fase pembelajaran teknik yang mereka dapatkan (work advance & inovative). Pada tingkat ini yang dikembangkan dalam diri mahasiswa adalah kemampuan untuk mengembangkan diri secara lebih luas, dengan Studi Analisis Sosial atau disebut Leadershipp III agar seluruh mahasiswa bisa melihat konteks dimana dia hhidup dan berada, konteks sosial, kontek ideologi yang dianutnya dan selanjutnya bisa ambil bagian dalam konteks kekiniannya, dengan menjadi agen perubahan sosial, sesuai spirit dasar ATMI, to be man for and with others.

 Pokok-pokok diskusi yang dibahas dalam Leadershipp III ini adalah Pancasila, masalah Kekuasaan dengan melakukan studi komparasi melalui pengamatan di lapangan, masalah Globalisasi, Interaksi Sosial, Struktur Sosial dan Kultur Sosial, dengan metode pendalaman diskusi dan presentasi.


14 Feb 2019 | by Yohanes Budi Prasojo