PENDADARAN TUGAS AKHIR



MENGUJI YANG TERUJI 

 TUGAS AKHIR merupakan cara untuk menguji capaian dari pembelajaran yang pernah diterima mahasiswa, seperti halnya ujian dan skripsi. Tugas akhir merupakan cara efektif untuk melihat kompetensi mahasiswa dalam merealisasikan ilmu yang diterimanya selam tiga tahun menjalani perkuliahan. Tugas Akhir bagi mahasiswa ATMI bukan merupakan tugas yang mudah karena Tugas Akhir tidak memiliki waktu khusus, artinya dikerjakan di sela-sela waktu kuliah reguler. Tugas Akhir dirancang dan dikerjakan bersama tugas-tugas kuliah reguler dan kegiatan-kegiatan lain yang harus dikerjakan mahasiswa.

Tugas Akhir di Politeknik ATMI Surakarta bisa berupa Analisis, Perancangan dan atau Realisasi. Tugas akhir bisa berbentuk sebuah analisis terhadap sistem atau mesin yang ada di ATMI demi meningkatkan kinerja mesin atau produktivitas mesin. Tugas Akhir juga bisa berbentuk sebuah rancangan, artinya berupa design mesin namun tidak direalsisasikan. Kendati hanya sebuah rancangan, hasil Tugas Akhir tersebut harus bisa direalisasikan jika dibutuhkan oleh customer. Sementara tugas akhir yang direalisasikan bisa berupa miniatur atau betul-betul menjadi barang/mesin yang bisa digunakan atau diaplikasikan dalam industri.

                

Tugas Akhir mahasiswa merupakan bentuk latihan mahasiswa dalam menunjukkan kompetensinya di bidang teknik dan kemampuan mengelola hidup sebagai insan teknik. Dalam dunia industri, seorang karyawan kadang harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan di pabrik. Sistem pendidikan di ATMI mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri. Suasana industri nuansanya kental di lingkungan ATMI. Tugas Akhir yang dikerjakaan bersamaan dengan kuliah reguler ini melatih fisik, mental dan emosi serta management watku yang harus dikelola mahasiswa. Tidak jarang mahasiswa kekurangan waktu untuk istirahat, tidak jarang pula mahasiswa sampai menginap di kampus demi menyelesaikan Tugas Akhirnya. Pengalaman mempertanggungjawabkan pekerjaannya ini dampaknya sangat besar. Ketika memasuki dunia industri yang sesungguhnya, lulusan ATMI siap bekerja dengan segala tantangan yang muncul di sana. Dalam konteks ini lulusan ATMI cenderung diapresiasi tinggi oleh semua industri yang merekrutnya. Untuk beberapa perusahaan, lulusan ATMI disetarakan dengan lulusan kampus lain yang bergelar S-1.

                 

 

                  

Tema-tema Tugas Akhir di ATMI diambil dari permintaan customer. Customer Tugas Akhir tersebut bisa dari internal ATMI maupun eksternal, misalnya dari industri-industri menengah kecil yang berada di sekitar eks Karisedan Surakarta dan Yogyakarta. Tugas Akhir yang direalisasikan bisa menjadi sumbangan atau pengabdian kepada masyarakat yang membutuhkan. Tugas Akhir ini juga bisa dijadikan latihan membangun industri ketika kelak mahasiswa hendak berwiraswasta.

                  

 

 

 

 

 

 


26 Jul 2019 | by Yohanes Budi Prasojo