RETOOLING KANADA



RETOOLING KOMPETENSI VOKASI  DOSEN PENDIDIKAN TINGGI VOKASI

RETOOLING merupakan kegiatan pelatihan sekaligus Sertifikasi. Kegiata Retooling ini merupkan prakarsa dari Direktorat Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran.  RETOOLING  yang diikuti oleh dua dosen ATMI Surakarta, yaitu Bapak Ig. Haryosuprobo, ST, MT dan Ibu Fenty Pandansari, ini merupakan kegiatan pelatihan sekaligus Sertifikasi  Siemens Level 1 (Mechatronics Systems Assistant) di Seneca College, Kanada, dari tanggal 22 Juli hingga 16 Agustus 2019.

LATAR BELAKANG

Merujuk data dari Badan Pusat Statistik per Februari 2019 tercatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia berada di angka 5,01 persen dari tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia. Angka ini membaik dibanding data TPT pada Februari 2018 yang berada di angka 5,13 persen. Sekalipun menurun, angka TPT ini masih menyisakan masalah fundamental tersendiri, yakni lulusan Sekolah Menengah Kejuruan masih mendominasi angka pengangguran, yaitu sebesar 8,92 persen, yang kemudian disusul oleh lulusan diploma, sebesar 7,92 persen. Disebut sebagai masalah fundamental karena belum terselesaikan, dan cenderung berulang dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pendidikan tinggi belum sepenuhnya terserap oleh dunia kerja. Salah satu penyebab tingginya tingkat pengangguran terdidik ini diduga karena tidak sesuainya kompetensi para lulusan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Sementara itu, pada rentang tahun 2020-2030 Indonesia diprediksi akan mengalami “bonus demografi”, dimana pada periode tersebut terjadi ledakan penduduk usia produktif. Jumlah penduduk berusia 15-64 tahun akan mencapai sekitar 70 persen, sedangkan 30 persennya adalah penduduk yang tidak produktif.

           

Agar bonus demografi tidak menjadi “bencana”, satu-satunya cara adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Disinilah pendidikan vokasi bisa menjadi peluang dan solusi untuk memaksimalkan potensi bonus demografi yang akan dialami Indonesia. Profesi kejuruan diharapkan mampu menjadi pendorong pembangunan Indonesia, sehingga menjadi negara terdepan dalam pemanfaatan sains dan teknologi di kawasan Asia. Atas dasar  itulah Direktorat Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengadakan kegiatan retooling agar dosen-dosen di Perguruan Tinggi.

 

Tujuan Kegiatan Retooling

  1. Meningkatkan kualitas dosen sesuai kompetensinya.
  2. Menguatkan mutu dan relevansi institusi pendidikan tinggi vokasi dalam persiapan menghadapi globalisasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

 

 Manfaat Kegiatan

  1. Memperkaya wawasan dosen tentang pendidikan vokasi di institusi lain.
  2. Mendapat pelatihan dengan materi berstandar internasional.
  3. Meningkatkan kompetensi dan kapasitas dosen dalam bidangnya.
  4. Memperoleh pengakuan kompetensi dalam bentuk sertifikasi kompetensi.
  5. Mengembangkan materi uji kompetensi yang diperoleh dari Retooling untuk memperkuat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Tempat kegiatan Retooling Mechatronics Systems Assistant ini diadakan di Seneca College Kanada dan dilaksanakan selama 4 minggu, dari tgl 22 Juli sampai dengan 16 Agustus 2019.

  

Lingkup Kegiatan

Lingkup Kegiatan Mechatronics Systems Assistant ini adalah sertifikasi kompetensi Siemens Level 1 bidang Mekatronika, dengan perincian materi sebagai berikut:

  1. Sistem pembelajaran Siemens
  2. Troubleshooting pada Modular Production System Siemens
  3. Komponen dan sistem Mekatronika, meliputi komponen Mekanik, Pneumatik, Elektrik/Elektronik, dan PLC.
  4. Kunjungan industri meliputi Siemens, FESTO dan Kuka Robotics.
  5. Uji sertifikasi SMSCP (Siemens Mechatronics Systems Certification Program)

 

Selain tatap muka dengan dosen, praktik di lab dan ujian sertifikasi, peserta kegiataan retooling juga melakukan kunjungan ke industri seperti ke FESTO, SIEMENS dan KUKA ROBOTICS. Kegiatan Retolooling evaluasi dan rekreasi ke beberapa tempat wisata di Kanada.

        

 

 


04 Sep 2019 | by Yohanes Budi Prasojo