RETRET ATMI 51



RETRET atau Gladi Rohani adalah bagian dari kegiatan pembinaan mahasiswa ATMI Surakarta. Pendidikan holistik memperhatikan seluruh dimensi manusia, termasuk dimensi spiritualnya. Bagi orang Indonesia yang sangat religius, dimensi spiritual memiliki arti yang sangat penting, bahkan dimensi itu termasuk menjadi salah satu kecerdasan, yang disebut dengan Spiritual Quotation.

 

   

Ada kalanya nilai-nilai religius/spiritual, memberikan pengaruh lebih kuat dibanding pesan-pesan moral yang disampaikan oleh orang tua dan pendidik. Mahasiswa kadang berani melanggar perintah orang tua atau dosen, tetapi takut akan Tuhan kadang lebih membuat orang melakukan hal-hal baik dan besar.

                     

Pengalaman kebersamaan dengan Tuhan sering kali juga bisa menjadi pondasi hidup yang kokoh dalam menghadapi situasi pembelajaran di ATMI yang tidak mudah dan sulit. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan mahasiswa ATMI justru memiliki iman yang kuat. Institusi memberi ruang, waktu dan pembinaan agar mahasiswa mampu mengeksplorasi pengalaman kebersamaan dengan Tuhan tersebut lewat kegiatan Retret atau Gladi Rohani.

   

Berlindung padaNya adalah benteng terakhir dari ketakutan eksistensial bahwa mahasiswa ATMI bisa sewaktu waktu ter-DO dari ATMI. Allah kadang dianggap sebagai benteng terakhir dari ujung hati yang rapuh dalam   menghadapi tekanan kehidupan di ATMI.

 


21 Feb 2019 | by Yohanes Budi Prasojo