BERKAH MIKAEL DAY

29 September adalah harinya Kolese Mikael. Pada hari tersebut selalu diperingati sebagai hari Kolese Mikael oleh seluruh dosen, guru, karyawan, mahasiswa dan murid ATMI Surakarta dan SMK Mikael Surakarta. Tak terkecuali, alumni ATMI dan SMK Mikael Surakarta yang tergabung dalam Ikatan Alumni Kolese Mikael Surakarta (IKAMI) turut juga merayakaan hari Mikael ini di chapternya masing-masing.

Pada dua tahun ini (2019-2020) bertepatan dengan mewabahnya virus corona, Mikael Day dirayakan secara berbeda. IKAMI bekerjasama dengan Kolese Mikael melakukan banyak kegiatan sosial, seperti pembagian air bersih ke beberapa daerah di sekitar Jawa Tengah dan Jogjakarta, pembagian sembako ke tukang becak dan pekerja informal di wilayah Solo Raya, Sukoharajo, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Kegiatan sosial lain yang baru saja dilakukan pada hari Jumat, 9 Oktober 2020 yang lalu adalah pembagian sembako khusus bagi pensiunan karyawan Kolese Mikael (ATMI dan SMK Mikael). Paket sembako ini merupakan bentuk cinta kasih, perhatian dan dukungan dari para alumni kepada para pensiunan yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk membantu para alumni meraih masa depannya. Tanda cinta seperti ini sangat dibutuhkan oleh pensiunan, bukan karena nilai materialnya saja, tetapi terlebih karena semangat kekeluargaannya.

Para purna karya ini sangat senang ketika panitia Mikael Day datang ke rumah dan mengunjungi mereka. Kegembiraan itu tampak dari wajah mereka yang sumringah, gembira ketika menyambut kedatangan panitia. Mereka merasa masih diperhatikan dan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Kolese Mikael Surakarta.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh IKAMI dan Kolese Mikael ini merupakan buah dari semangat To be Man/Woman For and With Others, yang selalu didengungkan dan dibadankan dalam diri seluruh murid dan mahasiswa Kolese Mikael melalui berbagai cara yang sifatnya sangat formatif/edukatif. Kolese Mikael, sebagai sekolah dan kampus vokasi terbaik di Indonesia tidak saja membekali lulusannya dengan kemampuan teknik yang handal, melainkan juga membekali setiap lulusannya pelatihan-pelatihan dan semangat-semangat luhur yang membentuk lulusannya menjadi pribadi yang tangguh, disiplin, jujur, bertanggung jawab, inovatif dan memiliki sikap bela rasa yang tinggi kepada rekan, pensiunan, almamater dan secara khusus kepada mereka yang lemah dan tersingkir.

Mewakili para purna karya, panitia Mikael Day mengucapkan banyak terima kasih kepada para alumni (IKAMI). Inilah Berkah Mikael yang pantas purna karya dapatkan.