MIKAEL DAY

Tetap Berkarya dan Bersyukur di Tengah Pandemi


29 September adalah hari Kolese Mikhael Surakarta. Politeknik ATMI Surakarta dan SMK Mikhael selalu merayakan tanggal 29 September sebagai hari pelindung Kolese. Bahkan di tengah suasana pandemi sekalipun perayaan Mikael Day tetap dilaksanakan, namun dengan cara yang lebih sederhana. Tidak ada kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak secara bergerombol.

Acara puncak, Misa Kudus, yang biasanya dihadiri seluruh karyawan, dosen, guru, mahasiswa dan siswa SMK Mikhael, kali ini hanya dihadiri oleh karyawan ATMI dan SMK yang beragama Katolik. Sementara mahasiswa dan siswa mengikuti kegiatan misa secara online (streaming). Tema yang diangkat panitia adalah Tetap Berkarya dan Bersyukur di Tengah Pandemi. Tema ini dipilih panitia sebagai wujud rasa syukur karena berkat perlindungan St. Mikhael, kegiatan perkuliahan praktik dan produksi masih bisa berjalan meski dengan beberapa batasan. Tak ada seorangpun karyawan ATMI dan Mikael yang dirumahkan, diberhentikan dan semuanya masih bisa menerima gaji secara penuh. Keadaan ini menjadi sangat istimewa di tengah situasi banyaknya perusahaan yang kesulitan menjalankan kegiatan produksi, banyak perusahaan tutup dan karyawan dirumahkan.

Perayaan Santo Mikhael tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara meriah yang
melibatkan seluruh warga Kolese di bawah naungan Yayasan Karya Bakti Surakarta. Terlihat dengan adanya beberapa lomba, kegiatan kebersamaan (seperti jalan sehat,
touring dan lainnya) dan kegiatan-kegiatan sosial. Semua ini karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Semua kegiatan yang melibatkan orang banyak dan berkerumun akan ditiadakan dan diganti dengan kegiatan secara online dan bakti sosial untuk warga yang membutuhkan bantuan. Misa syukur tetap dilaksanakan dengan pembatasan peserta dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meskipun perayaan Santo Mikhael tahun ini dirayakan secara sederhana, panitia mengharapkan agar seluruh anggota keluarga Kolese Mikhael tetap memanjatkan puji syukur kepada Tuhan atas demikian banyak cara yang dilakukan Tuhan untuk melindungi dan memelihara anggota Kolese Mikhael.

Tema Kegiatan: Tetap Berkarya dan Bersyukur di Tengah Pandemi

Diharapkan memberi inspirasi kepada seluruh anggota keluarga kolese Mikhael. Kita harus terus kreatif dan berkarya baik yang di dunia pendidikan maupun dunia usaha supaya tetap hidup berkembang di tengah situasi sulit akibat Covid-19.

Jenis Kegiatan :

  • Jenis kegiatan pada Perayaan Michael Day 2020 ini sebagai berikut :
  • Misa Michael Day 2020Bingkisan Michael Day 2020.
  • Bingkisan untuk seluruh karyawan di bawah Yayasan Karya Bakti Surakarta.
  • Lomba Pentas Seni “Michael Day” berupa solo vokal, grup vokal, paduan suara, baca puisi, atau video tutorial menarik terkait tugas di bagian kerja masing-masing
  • Lomba Fotografi dengan tema “Bumi dan Orang Miskin”
  • Lomba Mewarnai Kategori TK, SD kelas 1–3 dan SD kelas 4-6 untuk anak warga Kolese.
  • Lomba Desain Backdrop Michael Day 2020
  • Bakti Sosial Berupa bantuan paket masker dan hand sanitizer kepada warga sekitar Kolese.