TM

TEKNIK MESIN INDUSTRI (D3)

Visi

Menjadi program studi yang profesional dan terbaik dalam menghasilkan Ahli Madya Teknik Mesin Industri yang jujur, terampil dan disiplin di bidang proses manufaktur pada tahun 2020, dengan kemampuan leadership yang memiliki etika, integritas dan mampu menciptakan sinergi, kebersamaan sosial dan tanggung jawab sosial pada lingkungan.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan bagi kaum muda yang pluralis dengan kurikulum model PBET (Production Based Education and Training), sesuai dengan kebutuhan/tuntutan industri dan perkembangan Iptek, melalui proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan kepribadian civitas akademia sehingga tercipta SDM yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tangguh, profesional, jujur, sportif, kreatif dan inovatif.

Kompetensi

Tujuan khusus program yang akan dicapai adalah menghasilkan tenaga terampil yang kompeten di bidang teknik mesin industri dengan kualifikasi Diploma 3, sehingga :

  1. Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik, mempunyai pengetahuan proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan komponen dan unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.
  2. Memiliki keahlian praktis dan teoretis di bidang teknik manufaktur berpedoman pada Mutu (Quality) ketepatan penyelesaian serta penyerahan (Delivery).
  3. Memahami etika profesi dan makna kerja sama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja.
  4. Mengetahui prinsip-prinsip kewirausahaan, siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi, beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri mempunyai rasa tanggung jawab.

Prospek Kerja

Dengan Keahlian dan ketrampilan yang dimiliki, lulusan program studi Teknik Mesin Industri memungkinkan bekerja di bidang :

  1. Ahli Membuat Komponen dan Produk Manufaktur
  2. Ahli Membuat dan Mengembangkan Mesin Manufaktur
  3. Marketing engineering support
  4. Mechanical & Technical Support
  5. PPIC (Production Planning and Inventory control) / Perencana dan Pengendali Produksi

Competence: keunggulan yang tercermin dalam sikap disiplin tinggi, ketelitian dan konsistensi pada kualitas.
Conscience: Tanggung jawab moral
Compassion: Cinta kasih dan kepedulian.
Commitment: Kesungguhan dan konsistensi.