PENGIRIMAN PERDANAMESIN CNC LEANTURN

Informasi tentang mesin CNC LEANTURN

Mesin Leanturn yang saat ini akan dikirim kepada pihak penguna, sebenarnya adalah seri mesin EDU CNC, yaitu seri EDULATHE dan EDUMILL, yang telah dikembangkan oleh ATMI Group (Politeknik ATMI Surakarta, SMK St Mikael Surakarta dan PT ATMI SOLO), sejak tahun 2009.

Dari seri-seri lama yang pernah dibuat, setidaknya sudah ada 45 unit yang sudah didelivery kepada pengguna, yang kebanyakan dari Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik. Mesin Leanturn ini masuk pada seri pengembangan mesin turning CNC versi ke-4, atau versi terbaru, dengan mengunakan konsep yang berbeda, yang memungkinkan mesin dapat diproduksi dengan lebih efisien.

Dimensi Mesin Leanturn versi terbaru ini, berukuran tinggi 1540mm, Panjang 1500 mm, lebar 1500 mm, dengan total berat 1300 kg, mempunyai type LT 300-100, dengan tegangan operasional 380V, Arus operasional 21 Ampere, dengan daya motor penggerak 4 KW. Dengan kapasitas kerja sumbu X = 200mm dan sumbu Z = 265mm, maksimum turning diameter 100mm, dengan spindle versi optional, manual maupun versi automatic, dengan speed 50 – 4000 rpm, dengan standard aksesoris berupa: collant supply equipment, centralized lubrication equipment, chip trolley dan work light.

Mesin Leanturn, dengan design yang baru ini, sudah meninggalkan versi Edukasi atau versi simulasi, namun sudah masuk pada kategori atau versi mesin perkakas CNC Industri, yang mampu dipergunakan untuk memproses material sekelas: SKS3, K110, DC11, ST60, S45C, dengan kekerasan rata-rata antara 30 – 45 HRc.

Mesin ini bisa terwujud, karena Kerjasama (LINK AND SUPER MATCH) antara pihak Vokasi, yaitu SMK St Mikael Surakarta, Politeknik ATMI Surakarta, Pihak Pemanufaktur yaitu PT ATMI SOLO, dan Pihak Pemasar yaitu PT BUANA PRIMA RAYA, dan tentu saja Direktorat Jenderal Vokasi Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang selalu memberikan dukungan untuk berani, maju dan berkomitmen agar pendidikan vokasi semakin produktif dan berprestasi, memberikan sumbangan produk dalam negeri yang kedepannya bisa digunakan dan dimanfaat di dalam negeri Pula.

Hadir dalam kegiatan Pengiriman Perdana produk Mesin Leanturn ini adalah Bp Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, direktur Politeknik ATMI Surakarta, Direktur PT ATMI dan IGI, guru dan dosen dari SMK Mikael, Poltek ATMI Surakarta dan segenap undangan.

Kegiatan Pengiriman Perdana Mesin Lenturn ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Politeknik ATMI Surakarta pada hari Jumat, 17 Desember 2021. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 sd 10.30.

Peluncuran Produk sudah dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020. Agenda hari ini adalah PENGIRIMAN PERDANA Mesin Leauntrn ke End User. Untuk memperkenalkan produk baru, dan mendapatkan pembeli, harus menunggu lebih kurang 15 bulan. Total ada 10-mesin CNC Leanturn telah dapat diselesaikan dan hari ini akan dikirim ke pihak Pemesan.

Semenjak acara Lauching Produk mesin bubut CNC LEANTURN di Kolese Mikael Surakarta, oleh Bapak Direktur Jenderal Vokasi pada tanggal 18 Agustus 2020 yang lalu, SMK Mikael Surakarta bersama Politeknik ATMI Surakarta dan PT ATMI Solo senantiasa terus mengusahakan 3-hal, untuk terus mencoba agar tetap dipercaya berkolaborasi dengan Industri.

3-Hal tersebut adalah: (1) komunikasi, (2) komunikasi dan (3) komunikasi, yang secara terus-menerus dilakukan kepada pihak industri yang terkait, salah satunya dalam rangka agar produksi mesin LEANTURN yang telah di launching tidak berhenti, namun dapat terus berjalan, sehingga SMK Mikael dan Poltek ATMI sebagai Institusi Pendidikan vokasi, yang mempunyai prodi Teknik Mesin, bisa terus terlibat.

Usahausaha untuk melengkapi produk, agar semakin siap untuk dipasarkan:

  1. Perhitungan TKDN bersama dengan PT Sucofindo, yang saat ini masing sedang dipersiapkan menuju panel dengan Kementerian Perindustrian.
  2. Usaha-Usaha yang lain: bekerja sama dengan Sekolah Vokasi UGM, bersama-sama mengajukan proposal alat ukur untuk sertifikasi dan kalibrasi Produk, melalui Program MATCHING FUND VOKASI, melalui KEDAIREKA. Namun sayang untuk program ini, masih belum lolos.

Seperti sudah disebutkan di atas, secara proses lahirnya CNC Leanturn dilakukan oleh  SMK Katolik Santo Mikael Surakarta, Politeknik ATMI Surakarta,  PT ATMI Solo dan didukung dalam hal pemasaran oleh PT Buana Prima Raya. Persentase untuk masing-masing bagian berbeda-beda sesuai tingkat kesulitannya. Oleh karena itu mereka, para siswa maupun mahasiswa harus paham betul dengan konteks nilai yang mau diperjuangakan.