Kunjungan Gubernur Gorontalo ke Poltek ATMI Surakarta

Sudah bertahun-tahun Pemprov Gorontalo membangun kerjasama dengan Politeknik ATMI Surakarta.  Kerja sama itu dalam bentuk beasiswa pendidikan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Sejarah Kerjasama

Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P pada tahun 1970an pernah diutus oleh Bp. BJ. Habibie untuk mengantarkan mesin ke Poltek ATMI Surakarta. Beliau mendapatkan informasi dari Bp. BJ. Habibie bahwa kampus vokasi di daerah Karangasem Solo ini terkenal sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga-tenaga handal yang ikut membantu perkembangan teknologi dan industri di Indonesia. Oleh karena itu, ketika berkesempatan mengunjungi Poltek ATMI, Bapak Rusli Habibie waktu itu sempat melakukan tour bengkel dan sangat terkesan dengan model pendidikan vokasi di Poltek ATMI. Kenangan akan peristiwa tahun 70-an tersebut tampaknya sangat membekas di hati Bp. Rusli Habibie, maka ketika beliau menjadi Gubernur Gorontalo, beliau memutuskan untuk mengirim anak-anak muda dari Gorontalo untuk kuliah di Poltek ATMI Surakarta. Keinginan bapak gubernur disambut baik oleh Rm. T. Agus Sriyono, SJ, direktur Poltek ATMI Surakarta waktu itu. Dari pembicaraan panjang antara ATMI dan Pemprov Gorontalo kemudian lahirlah kerjasama antara ATMI dan Pemprov.

Jumlah Mahasiwa dari Gorontalo

Pada tahun akademik 2021-2022, ada 21 mahasiswa asal Gorontalo yang menjalani perkuliahan di Poltek ATMI Surakarta. Dua mahasiswa sedang berada di tingkat IV (tingkat akhir) dan 19 sisanya sedang menjalani proses pendidikan di tingkat I.

Seluruh mahasiswa menempuh program D-4, atau program S-1 terapan, yang terbagi dalam tiga Program Studi: Rekayasa Teknologi Manufatkur (RTM) sebanyak 12 orang, Teknik Rekayasa Mekatronika (TRMK) sebanyak 7 orang dan sisanya, dua orang di Perancangan Mekanik (PM).

Harapan Gubernur Gorontalo

Kunjungan Gubernur Gorontalo, Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P dan rombongan (dinas terkait) merupakan kunjungan ketiga pada beberapa tahun terakhir ini. Dalam kesempatan ini bapak Gubernur mengenalkan staff baru dari dinas terkait mengenai model pendidikan di ATMI. Dalam kegiatan kunjungan ini selain beraudiensi dengan mahasiswa dari Gorontalo, juga diadakan tour bengkel agar dinas terkait mengenal model pendidikan di ATMI secara lebih mendalam.

Kunjungan Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P merupakan bentuk perhatian yang sangat serius dari seorang pemimpin daerah  kepada seluruh mahasiswa yang beliau utus untuk studi di Poltek ATMI Surakarta. Dalam audiensi dengan para mahasiswa Bapak Gubernur berharap agar seluruh mahasiswa penerima beasiswa dapat belajar di ATMI dengan baik, serius dan bertanggung jawab sehingga mereka bisa menajadi orang-orang yang sukses di kemudian hari.

Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Januari 2022 dari pukul 13.00 sd 15.30, bertempat di Kampus I Poltek ATMI Surakarta.

Kerjasama Pemprov Gorontalo dan Poltek ATMI Surakarta merupakan model kerjasama yang sangat baik, dimana kita (antara lembaga pendidikan dan Pemerintah Provinsi) bisa menggali dan mengembangkan potensi sumber daya manusia dari daerah untuk dididik dan dikembangkan agar kelak bisa menjadi sumber daya manusia yang bisa mengembangkan daerah masing-masing, khususnya di bidang teknik dan industri.