Pemberkatan LAB PKM 2

Politeknik ATMI Surakarta, sebagai politeknik terbaik di Indonesia, dari waktu ke waktu semakin berkembang mengikuti tuntutan zaman. Perkembangan itu ditandai dengan semakin bertambahnya mahasiswa dan bertambahnya jumlah Program Studi baru, yakni Program D-4 (Sarjana Terapan) untuk jurusan permesinan RTM: Rekayasa Teknologi Manufaktur dan untuk jurusan perancangan, PM: Perancangan Mekanik, yang pada tahun 2021 sudah meluluskan lulusan pertama. Sementara untuk tahun perkuliahan 2021-2022, ATMI sudah mendapatkan ijin dari kementerian pendiddikan untuk membuka program D-4 jurusan mekatronika, TRMK: Teknologi Rekayasa Mekatronika. Program D-4 jurusan Mekatronika siap menerima mahasiswa baru untuk tahun perkuliahan 2021-2022.

Penambahan prodi dan penambahan mahasiswa berdampak langsung pada penambahan jumlah ruang kelas untuk kuliah teori dan ruang lab untuk kuliah praktik, karena ATMI tidak bisa dipisahkan dari yang namanya praktik. Praktik bengkel dan lab merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di ATMI. Untuk itu, dengan dibukanya prodi baru TRMK, maka sebagai konsekuensinya ATMI harus menyediakan lab bagi mahasiswa D4 Mekatronika.

Pada hari Jumat, 30 Oktober 2020,  ATMI meresmikan lab PKM – 2. Lab ini bertempat di gedung Gonzaga, lantai 3 kampus ATMI 2 yang bertempat di Blulukan, Karanganyar.
Berdasarkan penuturan dari direktur PT. ATMI Surakarta, Bp. Hermawan, tujuan pembangunan gedung atau lab ini adalah :

  1. Untuk perluasan Lab PKM unit elektronik Unit MDC. Untuk sementara Lab ini diberi nama Lab PKM-2 Unit Elektronik MDC. Posisi Lab PKM-1 masih berada di kampus ATMI 1, Karangasem.
  2. Untuk pengembangan dan research peralatan elektromedik, seperti Patient Monitor, Syringe/Infusion Pump, ECG, dll

    Misa pemberkatan Lab PKM-2 dipimpin oleh Rm. V. Istanto, SJ, selaku Ketua Yayasan Karya Bhakti  Surakarta. Misa pemberkatan ini dihadiri oleh sejumlah direksi Politeknik ATMI Surakarta, direktur IGI & manejemen, direktur PT ATMI & manajemen , Kepala Sekolah SMK Mikael Surakarta dan beberapa karyawan dari PT BizDEC dan dosen serta insrtuktur Politeknik ATMI Surakarta.

Semoga lab ini bisa menjadi tempat pembelajaran yang mendukung pengembangan mahasiswa, sekaligus bisa menjadi tempat produksi PT ATMI Surakarta.