Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLITEKNIK ATMI SURAKARTA Gelombang II

Setiap mendekati tahun perkuliahan, Politkenik ATMI Surakarta selalu mengadakan seleksi terhadap calon mahasiswa. Seleksi ini bertujuan untuk mencari calon mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan kemampuan di bidang teknik. Seleksi gelombang pertama sudah dilaksanakan dan sudah mendapatkan calon mahasiswa terseleksi sebanyak 150 orang dari kuota 288 orang.

Total DiterimaJALANJAPRESJAREGKuotaTotal DiterimaKuota Tersiksa
D3 Teknik Mesin Industri – TMI12159723636
D3 Teknik Mekatronika – TMK1595542925
D3 Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin – TPM1453362214
S1 Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur – RTM1122361521
S1 Terapan Perancangan Manufaktur – PM963361818
S1 Terapan Teknologi Rekayasa Mekatronika -TRMK1794543024
Jumlah7846260288150138

Seleksi gelombang pertama didominasi oleh calon mahasiswa dari jalur unggulan dan prestasi. Kendati demikian,  seleksi gelombang pertama juga sudah melibatkan calon dari jalur reguler. Seleksi dilaksanakan secara on-line.

Seleksi gelombang 2 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 didominasi oleh calon mahasiswa dari jalur prestasi dan reguler. Namun demikian, ada pula calon mahasiswa dari jalur unggulan yang ikut mendaftarkan diri. Hal ini terjadi karena mereka tidak mendapatkan informasi karena faktor pandemi, dimana pada tahun ini Tim Marketing Edukasi ATMI tidak mengadakan kegiatan promosi ke sekolah-sekolah.

Ada 117 calon mahasiswa yang mendaftar pada gelombang 2 ini, dengan rincian Jalur Unggulan 15 cama, jalur prestasi 41 cama, dan jalur reguler 61 cama. Dari total 117 cama tersebut tersebar dalam 6 prodi sebagai berikut :

  1. D3 Teknik Mesin Industri TMI – 43
  2. D3 Teknik Mekatronika TMK – 26
  3. D3 Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin TPM – 10
  4. S1 Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur RTM – 13
  5. S1 Terapan Perancangan Manufaktur  PM Р9
  6. S1 Terapan Teknologi  Rekayasa Mekatronika TRMK Р16

Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Mekatronika TRMK merupakan prodi baru yang baru menerima mahasiswa pada tahun pembelajaran 2021-2022. Kendati merupakan prodi baru, sudah ada cama yang pilihan pertamanya pada prodi ini.

Seleksi penerimaan mahasiswa meliputi test akademik, test kemampuan teknik dasar dan test wawancara. Test kemampuan akademik/teknik dasar dilaksanakan sebelum test wawancara dilaksanakan.

Seleksi gelombang dua ini juga dilaksanakan secara on-line karena situasi pandemi yang belum memungkinkan untuk melakukan seleksi calon mahasiswa secara off-line. SPMB dilaksanakan dengan menggunakan teknologi Google Meet. Namun, ada calon mahasiswa yang terpaksa datang ke kampus Politeknik ATMI Surakarta untuk melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru karena terkendala jaringan internet. Mereka adalah cama yang tinggal di daerah yang memiliki koneksitas internet rendah. Maka, demi mendapatkan kesempatan seleksi di Politeknik ATMI Surakarta, mereka terpaksa datang ke kampus dan melakukan seleksi secara off-line. Semangat yang luar biasa. Proses seleksi cama secara off-line ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga aman bagi cama dan bagi pihak penguji.

Seleksi gelombang tiga akan dilaksanakan di kemudian hari. Sebenarnya jumlah pendaftar dari gelombang I dan gelombang II sudah melampaui kuota jumlah mahasiswa yang bisa diterima di Politeknik ATMI Surakarta, namun ATMI hanya akan menerima calon mahasiswa yang memiliki kualitas sesuai standard yang sudah ditetapkan oleh institusi. Untuk itu seleksi gelombang ketiga akan dilaksanakan, agar memberi kesempatan kepada anak-anak muda yang belum mendapatkan informasi dan kesempatan mengikuti seleksi di Politeknik ATMI Surakarta tetapi memiliki kualitas yang bagus untuk mendapatkan pendidikan di Politeknik ATMI Surakarta.