SOSIALISASI PMB Politeknik ATMI Surakarta Jalur Beasiswa Pemda Gorontalo

Politeknik ATMI Surakarta membangun kerjasama dengan Pemerintah Daerah Gorontalo dalam bentuk beasiswa full scholarship bagi siswa-siswi asli Gorontalo (berKTP Gorontalo) untuk mengikuti pembelajaran di Politeknik ATMI Surakarta.

Sampai saat ini sudah ada tiga angkatan yang mengikuti perkuliahan di Politkenik ATMI Surakarta dan dari 3 angkatan tersebut, dua angkatan pertama sudah lulus dan bekerja, salah satunya bekerja di Politeknik Gorontalo.

Kuota beasiswa yang diberikan Pemda Gorontalo diperuntukkan bagi 10 orang, namun sayang sekali, sampai saat ini kuota tersebut tidak pernah terpenuhi. Hal ini disebabkan  karena minimnya jumlah pendaftar ditambah proses seleksi penerimaan mahasiswa baru Politkenik ATMI Surakarta yang hanya memilih calon mahasiwa yang memiliki kualifikasi untuk mengikuti perkuliahan di Politeknik ATMI Surakarta.  Minimnya jumlah pendaftar disebabkan karena minimnya informasi tentang ATMI dan minimnya informasi program beasiswa ini.

Untuk mengatasi kendala di atas, maka Politeknik ATMI Surakarta melakukan sosialisasi PMB Politeknik ATMI Surakarta berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Gorontalo, yang dilaksanakan secara daring (Zoom). Kegiatan sosialisasi ini melibatkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), Kepala Sekolah dan Guru Penanggung Jawab Lulusan SMA dan SMK Provinsi dan siswa dari SMA dan SMK Provinsi Gorontalo.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa, 14 -15 Juni 2021 dengan cara daring (online) menggunakan Zoom dengan agenda hari pertama sebagai berikut :

  1. Pembukaan dan sambutan oleh Rm. T. Agus Sriyono, SJ, Direktur Politeknik ATMI Surakarta
  2. Sambutan oleh  Bp. Dr. Wahyudin A. Katili, S.STP, MT, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo.
  3. Penjelasan Proses Pendidikan Politeknik ATMI Surakarta yang disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Bp. FX. Suryadi, Dipl.Ing.FH.
  4. Sharing Mahasiswa dan Alumni ATMI yang berasal dari Provinsis Gorontalo: Ikmal Hulalango, Angki Mato, Ramdan Pakaya, Masdin N. Junuding dan Dandi Hilimi
  5. Kesimpulan dan penutup oleh Bp. Thomas Ambar Prihastomo. S.S., M.Sc., PIC Kerjasama Politeknik ATMI Surakarta dengan Pemerintahan Daerah Gorontalo.

Adapun agenda hari kedua adalah sebagai berikut:

  1. Penjelasan proses Pendidikan Politeknik ATMI oleh Wakil Direktur Bidang Kerjasama Bp. FX. Suryadi. Dipl.Ing. FH
  2. Penjelasan teknis Pendaftaran dan teknis Ujian oleh Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bp. Yotam Stefanditya Wakil Ketua SPMB Bp. Adie Candra
  3. Sharing Mahasiswa dan Alumni ATMI yang berasal dari Provinsis Gorontalo: Ikmal Hulalango, Angki Mato, Ramdan Pakaya, Masdin N. Junuding dan Dandi Hilimi dan alumni asal Gorontalo Andri Sulaiman.
  4. Penutup oleh Bp. Thomas Ambar Prihastomo, S.S., M.Sc.

Semua mahasiswa yang terjaring dalam program beasiswa dari Pemda Gorontalo ini nantinya akan masuk ke Program S1 Terapan (D4). Prodi yang dimasuki tergantung pada pilihan, ketersediaan ruang dan yang terpenting adalah kecenderungan kuat calon mahasiswa (bakat/kemampuannya). Tidak ada permintaan khusus dari Pemda Gorontalo, semua calon mahasiswa dibebaskan untuk memilih prodi yang disukai. Namun keputusan akhir tetap berada di tangan panitia PMB ATMI Surakarta. Hanya saja Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pemda Gorontalo memohon agar sebanyak mungkin pihak terutama putra dan putri di Gorontalo mengikuti seleksi. Semakin banyak yang ikut seleksi maka semakin memudahkan untuk melakukan rekrutmen sesuai kuota yang disediakan.

Berikut Daftar Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Provinsi Gorontalo, yang mengikuti Sosialisasi  Pendidikan Politeknik ATMI Surakarta  pada Tanggal 14 Juni s.d 15 Juni 2021 :

  1. SMKN 3 Gorontalo
  2. SMK Almamater
  3. SMKN 1 Suwawa
  4. Smkn Model Gorontalo
  5. SMKN Pulubala
  6. SMKN 1 Paguyaman
  7. SMK mootilango
  8. SMK Negeri 2 Gorontalo Utara
  9. SMKN 1 Mananggu
  10. SMKN 1 Batudaa
  11. SMK N Duhiadaa                                             
  12. SMKN 1 TALUDITI
  13. SMKN 1 Boalemo
  14. SMKN 1 DULUPI
  15. SMKN 1 Limboto
  16. SMKN 5 Gorontalo
  17. SMK 1 MARISA
  18. SMKN 2 Limboto
  19. SMK Tek. Muh. Limboto
  20. SMKS Taruna Bahari
  21. SMKN 1 Bulango Selatan.                           
  22. SMKN 1 Bonepantai
  23. SMK Bina Taruna Gorontalo
  24. SMK Kes Muh. Gorontalo Utara
  25. SMKN 2 Paguyaman
  26. SMKN 1 Wonosari
  27. SMKN 1 Gorontalo
  28. SMKN 2 Gorontalo
  29. SMKN 4 Gorontalo Utara
  30. SMKN 1 Dungaliyo

Berikut ini Daftar Sekolah Menengah Atas (SMA)  yg mengikuti Sosialisasi Pendidikan Politeknik  ATMI tgl 14 s.d 15 Juni 2021:

  1. SMA 1 Gorontalo
  2. SMA 2 Gorontalo
  3. SMA 1 Gorontalo Utara
  4. SMA 6 Gorontalo Utara
  5. SMA 1 Kabila
  6. SMAN 1 Paguat
  7. Sman 1 tibawa
  8. SMA Neg 1 Lemito
  9. SMA 1 Pulubala
  10. SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU
  11. SMA Negeri 5 Gorontalo Utara
  12. SMAN I BUNTULIA
  13. SMAN 1 Randangan
  14. SMA 1 Marisa
  15. SMA 1 Popayato Barat
  16. SMAN 4 Gorut
  17. SMAN 1 Bonepantai
  18. SMA 1 Mootilango
  19. SMAN 1 Wonosari.
  20. .SMA 1 Telaha
  21. SMA Muhammadiyah Utama Pohuwato
  22. SMAN 7 Prasetya Kota
  23. SMA 1 Biluhu

             Kegiatan PMB khusus jalur beasiswa dari Pemda Gorontalo ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021. Kegiatan PMB dilakukan secara daring (online). Semoga banyak anak-anak muda dari Gorontalo yang berminat dan lolos seleksi PMB ATMI Surakarta.