KULIAH UMUM

Kuliah umum merupakan tradisi akademik yang dilaksanakan setiap awal Tahun oleh Politeknik ATMI SURAKARTA. Pembelajaran. Kuliah umum dibawahan oleh Fredericus Prijo Santoso , S.T., M.Pd sebagai presenter pertama dan Yustina Tritularsih, S.T., M.T.  Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada dosen (khususnya yang baru selesai menjalankan studi/perutusan) untuk membagi ilmu yang didapatkan. Kegiatan ini bersifat sangat ilmiah dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Sebelum kuliah umum dilaksanakan, kegiatan diawali dengan sambutan oleh Direktur Politeknik ATMI Surakarta, Rm. T. Agus Sriyono, SJ. Berikut beberapa catatan penting yang sangat informatif:

  1. ATMI menjadi juara 2 Lomba Krenova Surakarta 2021-2022. Lomba Krenova adalah  Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat. Lomba ini sejalan dengan  Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyararakat. Pemerintah daerah di seluruh Indonesia memang sedang menggencarkan lomba krenova, sebagai upaya merangsang inovasi dan kreativitas mahasiswa yang bersifat aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Matching Fund  Vokasi dari Kemendikbud Riset & Teknologi: Produk Standardisasi inkubator bayi sesuai dengan standar BPKK.
  3. Program pendampingan SMK Unggulan
  4. Pendamping KKNI level 5 & 6. Terdiri 13 skema
  5. Program D2 Fast Track
  6. Peresmian Gedung Ricci sebagai Lab untuk Prodi S1 Terapan Mekatronika dan welding dan maintenance mesin.
  7. Perubahan Mata Kuliah Gambar Teknik dan diganti dengan Gambar Sketching (tuntutan industri).
  8. Magang Industri dan SMK
  9. Meningkatkan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat

Tema Kuliah Umum yang disampaikan oleh Fredericus Prijo Santoso , S.T., M.Pd adalah Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi. Metode pembelajaran ini, termasuk pembelajaran secara daring telah diadaptasi dan dikembangkan, seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Beliau menyampkan bahwa sejak tahun 2020, masyarakat dunia terus berjuang untuk bangkit menghaiadapi berbagai tantangan baik kesehatan, ekonomi dan sosial-budaya di tengah pandemi Covid-19.Pandemi juga banyak memberikan peluang bagi insan pendidikan untuk mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran.

Metode pembelajaran apa yang bisa diterapkan dalam masa pandemi?

  1. Project Based Learning.

Project based learning memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama, sehingga metode project based learning ini sangat efektif diterapkan untuk para mahasiswa.

  • Daring Method

Metode ini mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya membuat konten dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online.

  • Luring Method

Luring yang dimaksud pada model pembelajaran yang dilakukan di luar jaringan. Dalam artian, pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang berlaku. Metode ini dirancang untuk mensiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada mahasiswa. Selain itu, pembelajaran yang satu ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang memiliki sarana dan prasarana mendukung untuk sistem daring.

  • Home Visit Method

Dosen mengadakan home visit ke rumah mahasiswa dalam waktu tertentu. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada mahasiswa, sehingga cocok bagi mahasiswa yang kurang memiliki kesempatan untuk mendapatkan seperangkat teknologi yang mewadahi. Dengan demikian, materi yang akan diberikan kepada mahasiswa bisa tersampaikan dengan baik. Karena materi kuliah dan keberadaan tugas yang diberikan bisa terlaksana dengan baik.

  • Integrated Curriculum

Metode pembelajaran yang satu ini tidak hanya melibatkan satu mata kuliah saja, namun juga mengaitkan metode pembelajaran lainnya. Dengan menerapkan metode ini, selain mahasiswa yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, dosen lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan dosen pada mata kuliah lainnya.

  • Blended Learning

Blended Learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video conference. Jadi, meskipun mahasiswa dan dosen melakukan pembelajaran dari jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain.

Bagaimana strategi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

  1. Tetapkan manajemen waktu. Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan dosen. Pihak kampus memberikan batasan jadwal akses daring kepada mahasiswa.
  2. Persiapkan teknologi yang dibutuhkan. Mahasiswa harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak semua kampus sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai, oleh karenanya beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga perkakas teknologi seperti komputer, gawai pintar, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang laik.
  3. Belajarlah dengan serius. Kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa, adalah tidak fokus ketika melakukan pembelajaran daring. Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.
  4. Jaga komunikasi dengan dosen dan teman kelas. Bagi yang belum terbiasa melakukan pembelajaran daring, ia harus menyesuaikan diri untuk terus visible dan berkomunikasi tanggap dengan dosen atau teman kelas lain. Jika dibutuhkan, perlu juga diadakan grup khusus untuk membahas tugas yang dibebankan dosen. Kendati tidak harus dilakukan dengan tatap muka, komunikasi mesti terjalin dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman. Gunakan momen-momen semacam ini untuk mengasah keterampilan komunikasi daring yang dilakukan. Jika memang belum yakin dengan hasil tugas yang dikerjakan, segera hubungi dosen. Lakukan sesegera mungkin untuk menunjukkan komitmen bahwa kita serius untuk belajar.  Kendati banyak siswa merasa kesulitan melakukan pembelajaran daring, jika sudah terbiasa, hal ini malah memberi kebebasan dan fleksibilitas tersendiri, yang tidak ditemui pada kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Di tengah penyebaran wabah Covid-19, pembelajaran daring semacam ini justru dapat menjadi alternatif jitu sebagai ganti pertemuan kelas atau pembelajaran tatap muka.

Kesimpulan

  1. Menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru, membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi.
  2. Sinergi yang baik antara dosen dan mahasiswa akan sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran
  3. Paradigma yang dikembangkan adalah “kuliah untuk beiajar”. Belajar bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bermanfaat dan berkontribusi bagi masyarakat, bukan hanya sekadar kuliah untuk bekerja.

Pemateri Kedua dalam Kuliah umum adalah Ibu Yustina Tritularsih, S.T., M.T. Thema kuliah umum ang beliausampaikan adalah:IT & DIGITAL AWARENESS

Apa itu DIGITAL AWARENESS? Digital biasanya mengacu pada sesuatu yang menggunakan angka terutama angka Biner. Digital menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam bentuk digit biner yaitu 1 & 0 dan, sejauh menyangkut awareness itu maka digital bisa diartikan keadaan aware akan sesuatu.

Dapat dikatakan bahwa digital awareness atau kecerdasan digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi atau jaringan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, dan membuat informasi. Perangkat digital seperti komputasi dan komunikasi atau tools seperti database yang memungkinkan penilaian manajemen dan pembuatan informasi digital.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa digital awareness berarti bahwa seseorang mampu memahami dan memanfaatkan teknologi di dunia yang saling terhubung. Sebenarnya kita sudah dikelilingi oleh banyak teknologi baru dan kita sudah menggunakannya setiap hari, namun apakah kita benar-benar tahu cara kerjanya? Mungkin Anda tidak akan mengetahui setiap aspek teknologi..

POSITIF ASPECTS OF DIGITAL AWARENESS

Teknologi digital telah secara radikal mengubah hampir setiap aspek kehidupan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa contohnya adalah – “Transformasi di tempat kerja, khususnya terkait performance pekerja, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya dan produktivitas secara keseluruhan”.

Bidang Jasa dan Internet :

Google, Biometric Attandance, E- Salary, Email .

Bidang E-Communication:

Whapsapp, Telegram, Twitter, Facebook, Istagram, Linkedin .

Bidang E-Learning:

Moodle, Google Classroom, YouTobe, Zoomapp, Sisco Webex , Microsoft Teams, Google Meet

Bidang E-Travell:

  • Ticket, E-Travelling

Bidang E-Logistic: E-SCM (Supply Chain Management)

Bidang E-Banking: Virtual Banking, Mobile Banking, Internet Banking.

Bidang E-Commerce: E-Shopping, E-Payment, E- Wallet, ATM, QR Payment

Bidang E-Money: Bitcoin, Cryto Currency

Digital awareness berperan dalam pertumbuhan tak terbendung dalam penggunaan internet untuk tujuan sosial & bisnis,antara lain:

  • Ini akan menguntungkan perdagangan online dan pemasaran melalui media social.
  • Masyarakat memahami identitas online Anda.
  • Menggunakan jejaring sosial, memantau & mempromosikan bisnis Anda.
  • Melindungi privasi online Anda.
  • Meningkatkan keamanan komputer Anda.
  • Melindungi aset digital Anda

NEGATIF ASPECTS OF DIGITAL AWARENESS

Sekarang sampai pada aspek negatif bahwa Anda tidak sadar tentang teknologi digital atau Anda memiliki pengetahuan yang tidak lengkap tentang teknologi digital. Dampak yang ditimbulkan tentang minimnya pengetahuan tersebut adalah terjadinya ancaman kemanan.

Berikut contoh dua Froud yang perlu diketahui oleh mahasiswa:

  1. 12 Key logger: Key logger adalah perangkat lunak yang merekam penekanan tombol yang dibuat oleh pengguna pada keyboard ponsel menggunakan pena dinamis solusi cerdas untuk pelanggaran yang disebabkan oleh key logger sehingga Anda harus mengubah kata sandi Anda setiap 15 hari.
  2. Fake Calls: Seseorang dapat melakukan panggilan palsu kepada pemegang kartu dan berpura-pura menjadi perwakilan bank, bertindak seolah- olah transaksi online perlu dikonfirmasi, dan kemudian meminta pemegang kartu untuk membagikan OTP yang diterima. Pemegang kartu OTP transaksi penipuan dapat terjadi.

KESIMPULAN

Penipuan digital tidak mempengaruhi sebagian besar orang, tetapi itu tidak berarti itu bukan masalah besar. Akan tetapi jika itu mempengaruhi Anda, itu adalah masalah yang sangat besar. Sangat penting untuk melindungi diri Anda sendiri.